You are here

DENGAN BAHASA INDONESIA, MAHASISWA KNB UNY BERDIALOG DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Usai sarapan dengan tempe goreng khas Malang, Sabtu (31/5/2014)  mahasiswa, pengajar, dan pengelola program Kemitraan Negara Berkembang (KNB) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkunjung ke Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kedua universitas untuk membangun jaringan kerja dalam menyukseskan penyelenggaraan program KNB. Pertemuan itu diawali dengan sambutan dari pihak pengelola KNB UM yang diwakili oleh Pak Gun dan pengelola KNB UNY yang disampaikan oleh Titik Sudartinah, MA. Ibu Fatma memperkenalkan selayang pandang tentang Malang kepada rombongan UNY. Kemudian, delapan belas mahasiswa KNB UNY angkatan 2012 dan 2013 melakukan dialog bersama dua belas mahasiswa KNB UM mengenai kegiatan akademik perkuliahan dan kehidupan sehari-hari di Malang.

Menurut Makan Sacko (Mali), kunjungan ke UM merupakan agenda yang mengesankan. Dialog tersebut memberi informasi umum tentang pendidikan, pariwisata, dan makanan khas Malang. Program beasiswa KNB adalah beasiswa S1 atau S2 dari pemerintah Indonesia bagi mahasiswa negara berkembang mitra Indonesia.  Mahasiswa berdialog menggunakan bahasa Indonesia.

Setelah mengunjungi UM, rombongan KNB UNY bertolak ke Jatim Park 2, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, Pantai Sendang Biru, Pulau Sempu, hingga ke bumi Bung Karno yakni Istana Gebang, dan Makam Sukarno. Destinasi ini dikunjungi sebagai wahana praktik komunikasi berbahasa Indonesia serta pengenalan keindahan alam, kekayaan sejarah, dan keragaman budaya Indonesia yang ada di Malang dan sekitarnya.

“Menurut saya, kunjungan ke UM menarik sekali karena kami dapat berdiskusi dengan teman KNB beberapa ide dan bagi pengalaman tidak hanya tentang KNB program, tapi juga tentang hidup saya di Indonesia. KNB punya kesempatan untuk melihat fasilitas UM. Saya pikir semua teman suka Malang karena cuacanya dan tempat pariwisata indah. Namun yang istimewa dari study tour ini adalah kami temu teman KNB dari UM dan kami menikmati waktu dengan teman KNB UNY juga”, ungkap Beatriz Orantes (Mexico). Melalui kunjungan singkat ini diharapkan mahasiswa KNB UNY lebih mampu beradaptasi dalam lingkungan akademik dan kehidupan sehari-hari di Indonesia, sehingga akan mempermudah untuk memperoleh prestasi akademik yang cemerlang. [lws]
 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)