You are here

PPs UNPAR Studi Banding Kurikulum di PPs UNY

Merupakan suatu kehormatan bila sebuah institusi dijadikan tujuan studi banding. Adalah Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mendapatkan kunjungan studi banding mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris PPs Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Sebanyak 27 mahasiswa UNPAR didampingi 2 orang dosen pendamping dengan senang hati menaiki tangga dan memasuki ruang Aula PPs UNY. Para tamu tersebut disambut dengan pemutaran video profil PPs UNY. Hadir dalam pertemuan ini antara lain kaprodi dan sekprodi LT, mahasiswa LT sebanyak 7 orang dari Mali, Thailand, Aceh, dan Bengkulu. Selanjutnya, rombongan tamu ini mendengarkan sambutan selamat datang dari kaprodi S2 LT, Prof. Dr. Haryadi.

“Kami mengucapkan selamat datang di PPs UNY. Selamat datang di Jogja yang tetap Istimewa. Jangan lupa kunjungi Malioboro, icipi makanan khas Jogja seperti geplak, bakpia dan sebagainya”, ungkap beliau.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi PPs UNY khususnya prodi LT karena sudah “dianggap baik” yang menjadi tujuan studi banding dari prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris UNPAR. Di kampus ini perkuliahan tentang kebahasaan dilaksanakan pada prodi Lingistik Terapan (LT) yang di dalamnya terdapat konsentrasi kependidikan dan non kependidikan yaitu Penerjemahan”, lanjutnya.

“Akhirnya semoga kunjungan ini dapat bermanfaat bagi kedua pihak. Melalui pertemuan ini bisa menjadi wadah untuk sharing pengalaman, pembelajaran dan kegiatan akademik lainnya. Silakan diikuti pertemuan ini hingga berakhir”, tutupnya.

Sementara itu, mewakili mahasiswa UNPAR, kaprodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Natalina Asi, MA. Mengucapkan terima kasih atas perkenan dan sambutan dari prodi LT PPs UNY. “PPs UNY menjadi pilihan studi banding kami karena atas permintaan dan keinginan mahasiswa yang mungkin sudah mengetahui tentang sepak terjang prodi LT. Semoga kami mendapatkan wawasan baru tentang kurikulum, referensi dan nilai positif dari pertemuan ini”, ungkapnya.

Selanjutnya para tamu dan mahasiswa LT  mendengarkan paparan prodi yang disampaikan oleh sekprodi LT, Asruddin B. Tou, Ph.D. Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang kurikulum di prodi LT PPs UNY yang sudah memakai standar KKNI dan SNPT.

Dengan bahasa Inggris dan diselingi bahasa Indonesia, alumni program doktoral Macquarie University Australia ini mengatakan bahwa prodi LT memiliki 5 konsentrasi kependidikan yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Asing, Pendidikan Bahasa Daerah, dan Pendidikan Sastra serta 1 konsentrasi non kependidikan yaitu Penerjemahan.

“Sesuai dengan motto PPs UNY yaitu It’s more than just a degree maka prodi LT selain mengedepankan kompetensi pengetahuan (knowledge) juga memperhatikan kompetensi sikap yang meliputi afeksi/affection dan attitude sensitif seseorang terhadap aspek-aspek di sekitar kehidupannya”, lanjutnya.

“Mahasiswa LT juga dituntut untuk menguasai teori dan keterampilan pada suatu bidang keahlian tertentu sesuai dengan konsentrasinya. Selain itu, pengetahuan praksis (know-how) dan kompetensi keterampilan (skill) juga dikembangkan melalui kurikulum yang diterapkan dalam beban 44 sks yang harus ditempuh mahasiswa”, tutupnya.

Dengan diskusi interaktif antara mahasiswa UNPAR dan Pak Tou, sapaan akrab Asruddin B. Tou, Ph.D, tak terasa waktu telah beranjak siang. Acara ditutup dengan saling tukar cinderamata dan foto bersama. (Rb)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)