Seminar "Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra dalam Rangka Pembinaan Karakter Bangsa"

Keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang mendapatkan label "identitas bangsa", "wahana budaya", "bahasa persatuan", "bahasa nasional", "bahasa resmi", "bahasa pendidikan", "bahasa iptek", dan sebagainya pada era globalisasi ini, semakin terasa perlu dilestarikan bahkan dimantapkan keberadaannya. Kemajuan teknologi komunikasi dan media yang sudah menguasai sebagian besar kehidupan bangsa Indonesia akan dapat menyudutkan bahkan mencampakkan perkembangan bahasa Indonesia apabila tidak disikapi secara arif yang disertai sikap positif terhadapnya.

Tantangan ini bukan hanya diperuntukkan bagi para pengajar bahasa dan sastra, melainkan juga masyarakat pada umumnya, khususnya generasi muda. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi atau terobosan baru dengan pemikiran dan ide-ide segar dalam pembelajaran bahasa dan sastra agar bahasa dan sastra Indonesia tidak hanya mampu menjadi tuan di negeri pada zamannya melainkan juga bermakna secara universal dan abadi bagi generasinya. Apabila merujuk kepada Alvin Toffler dan John Naisbitt maka tidaklah mustahil bahasa dan sastra Indonesia akan menjadi bahasa dan sastra yang penting dan mengglobal di dunia.

Dengan berlatar belakang tersebut Prodi Linguistik Terapan dan Sastra Anak pada tanggal 18 April 2009 bermaksud mengadakan Seminar Nasional, dengan pembicara Prof. Dr. Emzir, Prof. Darmiyati Zuchdi, Ed.D., Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro dan Dr. Suyatno. Untuk pendaftaran bisa menghubungi Program Pascasarjana UNY atau contact person, Sdr. Dwi Budianto (08157940408), Sdr. Ismoyo (08122788743) atau Sdri. Musalimah (08125387207) paling lambat Tanggal 7 April 2009 dengan kontribusi Mahasiswa Rp. 75.000,- Umum Rp. 100.000,-