Transfer of Knowledge dan Transfer of Culture melalui Studi Banding

Prodi Linguistik Terapan (LT) PPs UNY kembali menerima kunjungan studi banding yang kali ini dari Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR). Rombongan pimpinan universitas, dosen, dan mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Inggris UMPAR diterima langsung oleh Kaprodi dan Sekprodi LT serta Asdir I PPs UNY pada Selasa (5/2) di Aula PPs UNY. Asdir I PPs UNY, Prof. Pardjono, Ph.D. menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen dan mahasiswa UMPAR yang berkenan datang dari Parepare untuk mengunjungi PPs UNY khususnya Prodi LT. Paparan umum tentang PPs UNY juga disampaikannya. “Saat ini UNY proses untuk menuju world class university yang ditunjukkan melalui kerjasama dengan institusi baik di dalam maupun di luar negeri, seperti kerjasama Joint Degree dengan Dresden University, Jerman serta kemungkinan prodi Linguistik Terapan akan merintis Double Degree dengan Universitas di Australia” tambahnya.

Wakil Rektor I UMPAR, Dr. Amaluddin, M. Hum juga menyampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat dari PPs UNY. Beliau juga mengemukakan bahwa pemilihan PPs UNY sebagai institusi yang dikunjungi karena UMPAR telah mengenal UNY sejak lama. Melalui studi lapang ini, beliau berharap agar apa yang diperoleh dapat diadaptasikan dengan lingkungan UMPAR dan agar studi lapang ini dapat menjadi suatu kegiatan untuk transfer of knowledge dan transfer of culture untuk mengembangkan wawasan mahasiswa.

Kaprodi LT, Prof. Dr. Haryadi memberikan banyak penjelasan mengenai sistem perkuliahan di LT PPs UNY dan konsentrasi-konsentrasi yang ditawarkan di prodi LT. Selain itu, beliau juga mengungkapkan mengenai perkembangan Prodi LT dari tahun ke tahun dan perhatian PPs UNY untuk membuat mahasiswanya lulus tepat waktu dengan metode yang diterapkan antara lain dengan perkuliahan teori yang selesai di semester ketiga dan mengundang mahasiswa-mahasiswa yang terlambat lulus untuk ditanya permasalahannya dan dipecahkan bersama. Pada kesempatan tersebut, tak lupa kaprodi LT mengajak para mahasiswa S2 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMPAR untuk mendaftarkan diri di Prodi Ilmu Pendidikan Bahasa S3 PPs UNY segera setelah mereka menyelesaikan studi di PPs UMPAR karena jarak Yogyakarta dan Parepare saat ini sudah tidak menjadi masalah lagi.

Tawaran tersebut rupanya disambut baik oleh peserta kunjungan, hal tersebut terlihat dari pertanyaan yang diberikan oleh salah satu mahasiswa PPs UMPAR di sesi diskusi yang menanyakan persyaratan untuk mendaftar S3 IPB. Prof. Dr. Haryadi menanggapi pertanyaan tersebut dengan sedikit gurauan. Beliau mengemukakan bahwa untuk masuk S3 IPB tidaklah sulit asalkan calon mahasiswa lolos tes masuk dan memiliki IPK S2 minimal 3,00. Kemudian, Sekprodi LT menambahkan bahwa untuk kuliah di UNY, yang perlu dipersiapkan mahasiswa adalah kemandirian dan kerja keras untuk mencari pengetahuan dan menggali kemampuan. Selain itu, keramahan yang diterima oleh para peserta kunjungan di Yogyakarta umumnya dan di UNY khususnya membuat salah satu peserta ingin bertanya trik-trik apa sajakah yang diterapkan agar mahasiswa lebih berbudaya. Secara singkat Prof. Haryadi menjelaskan bahwa lingkungan UNY sebisa mungkin tidak menciptakan jarak antara dosen dan mahasiswa. Selain itu, untuk membuat mahasiswa berbudaya, dosen haruslah menjadi teladannya. (Emi)