PROGRAM STUDI LINGUISTIK TERAPAN MENGADAKAN SARASEHAN PENENTUAN JUDUL THESIS UNTUK MAHASISWA ANGKATAN 2019

.YOGYAKARTA. Pada hari Senin, tanggal 21 Oktober 2019 telah diselenggarakan sarasehan topik-topik penelitian Tesis mahasiswa. Sarasehan diikuti oleh semua mahasiswa Prodi Linguistik Terapan PPs UNY angkatan 2019. Acara ini dimulai pada pukul 10.00 dan dibuka oleh Kaprodi Linguistik Terapan, Prof. Pratomo Widodo. Dalam pengantarnya, Prof. Pratomo menyampaikan tujuan dari diselenggarakannya acara sarasehan. Adapun yang menjadi tujuan adalah agar mahasiswa sedini mungkin bisa menyiapkan Tesis sebagai tugas akhir pada pendidikan Magister Linguistik Terapan. Dengan persiapan penulisan tesis sejak awal diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan studi magister tepat waktu.

Setelah pembukaan dan pengantar, acara kemudian dilanjutkan dengan paparan narasumber terkait dengan topik-topik penelitian yang dapat dikembangkan menjadi tesis. Ada dua bidang yang dibahasa dalam sarasehan tersebut, yaitu Linguistik dan Sastra, serta terapan kedua bidang tersebut dalam bidang pengajaran bahasa dan terjemahan. Bertintak sebagai nara sumber adalah Ibu Erna Andriyanti, Ph.D. yang menyampaikan topik-topik penelitian untuk bidang Linguistik dan Ibu Dr. Widyastuti Purbani yang menyampaikan topik-topik penelitian Sastra.

Setelah pemaparan dari nara sumber serta tanya jawab, acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok tentang judul-judul penelitian dengan dosen-dosen Prodi Magister Linguistik Terapan. Mereka adalah Dr. Else Liliani, Dr. Tadtkiroatun Musfiroh, Dr. Wening Sahayu, Dr. Sufriati Tanjung, Dr. Roswita Lumban Tobing, Dr. Dwiyanto Joko Pranowo, dan Dr. Sulis Triyono. Dengan cara ini diharapkan mahasiswa segera menemukan topik-topik penelitian untuk tugas akhir/ Tesis. (NHG)