Tiga Prodi PPs Terakreditasi A

Tiga Program Studi S2 di Program Pascsarjana UNY yaitu Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP), Prodi Linguistik Terapan (LT), dan Prodi Ilmu Keolahragaan (IK) berhasil meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Selain ketiga prodi tersebut, masih ada dua prodi lagi yang memperoleh akreditasi B yaitu Prodi S2 Pendidikan Dasar (Dikdas) dan Prodi S2 Pendidikan Matematika (PMat). Capaian yang sangat membanggakan tersebut dilengkapi pula dengan terbitnya sertifikasi ISO 9001:2008 dari Sucofindo untuk dua Prodi di PPs yaitu Prodi S2 Manajemen Pendidikan (MP) dan Prodi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK).

Berkaitan dengan keberhasilan tersebut, PPs menggelar acara tasyakuran yang berlangsung pada hari Kamis (17/03/11) di Aula PPs UNY. Acara yang dihadiri oleh PR II, PR III UNY, Dekan-dekan fakultas di UNY serta Kaprodi dan Sekprodi PPs UNY tersebut menjadi momen titik balik di mana semua keberhasilan yang telah dicapai tidak lepas dari dukungan berbagai pihak yang terlibat langsung dalam proses akreditasi Prodi maupun ISO. Dalam kesempatan tersebut, Direktur PPs, Prof. Soenarto, Ph.D, menyampaikan bahwa keberhasilan yang telah diraih PPs UNY merupakan usaha dari banyak pihak. Upaya-upaya yang dilakukan sudah sangat baik dengan capaian yang cukup memuaskan di awal tahun 2011. Jurnal HEPI yang dikelola oleh Prodi PEP juga memberikan capaian maksimal karena pada bulan November 2010 Jurnal tersebut memperoleh akreditasi A.

Dalam sambutannya, Pembantu Rektor II, Sutrisna Wibawa, M.Pd menekankan bahwa ISO dan Akreditasi merupakan tolok ukur peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa. Beliau juga menambahkan bahwa standar ISO 9001:2008 telah berhasil diraih oleh fakultas-fakultas dan pascasarjana UNY dalam dua tahun terakhir.