You are here

Profil Singkat

Konsentrasi Yang Ada Dalam Program Studi :

  1. Pendidikan Bahasa Asing
  2. Pendidikan Sastra
  3. Penerjemahan

Program Studi Linguistik Terapan merupakan program jenjang strata dua (S-2) yang mendidik para sarjana dari disiplin linguistik murni ataupun linguistik terapan (sarjana lulusan universitas ataupun LPTK) menjadi tenaga-tenaga akademik, peneliti, dan profesional yang mempunyai kemampuan prima, wawasan luas, etika, moral, dan integritas yang tinggi serta berorientasi pada keharmonisan sosial-budaya dan penguasaan iptek.

Kompetensi sikap meliputi afeksi (affection) dan sikap (attitude) sensitif seseorang terhadap aspek-aspek di sekitar kehidupannya baik ditumbuhkan oleh karena proses pembelajarannya maupun lingkungan kehidupan keluarga atau masyarakat secara luas.

Sesuai dengan ideologi negara dan budaya bangsa Indonesia, implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi mencakup proses yang menumbuhkembangkan afeksi sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya,
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia,
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya,
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain,
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Kompetensi pengetahuan meliputi :

  1. llmu pengetahuan (science), suatu sistem berbasis metodologi ilmiah untuk membangun pengetahuan (knowledge) melalui hasil-hasil penelitian di dalam suatu bidang pengetahuan (body of knowledge). Penelitian berkelanjutan yang digunakan untuk membangun suatu ilmu pengetahuan harus didukung oleh rekam data, observasi dan analisa yang terukur dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman manusia terhadap gejala-gejala alam dan sosial,
  2. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang linguistik terapan atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji,
  3. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang linguistik terapan melalui pendekatan inter atau multidisipliner,
  4. Mampu mengelola riset dan pengembangan di bidang linguistik terapan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.

Pengetahuan (knowledge) merupakan penguasaan teori dan keterampilan oleh seseorang pada suatu bidang keahlian tertentu atau pemahaman tentang fakta dan informasi yang diperoleh seseorang melalui pengalaman atau pendidikan untuk keperluan tertentu. Pengetahuan praktis (know-how) merupakan penguasaan teori dan keterampilan oleh seseorang pada suatu bidang keahlian tertentu atau pemahaman tentang metodologi dan keterampilan teknis yang diperoleh seseorang melalui pengalaman atau pendidikan untuk keperluan tertentu.

Kompetensi keterampilan (skill) merupakan kemampuan psikomotorik (termasuk manual dexterity dan penggunaan metode, bahan, alat dan instrumen) yang dicapai melalui pelatihan yang terukur dilandasi oleh pengetahuan (knowledge) atau pemahaman (know-how) yang dimiliki seseorang mampu menghasilkan produk atau unjuk kerja yang dapat dinilai secara kualitatif dan kuantitatif.
 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)